Sabtu, 01 September 2012

kartun stop motion

pengertian stop motion

Definisi animasi sendiri berasal dari kata 'to animate' yang berarti menggerakkan,menghidupkan. Misalkan sebuah benda yang mati, lalu digerakkan melalui perubahan sedikit demi sedikit dan teratur sehingga memberikan kesan hidup.animasi adalah proses penciptaan efek gerak atau efek perubahan bentuk yang terjadi selama beberapa waktu. Animasi juga merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilustrasi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Definisi tersebut mengartikan bahwa benda-benda mati dapat ‘dihidupkan’. Pengertian tersebut hanyalah merupakan istilah yang memiripkan, dalam arti tidak harus diterjemahkan secara denotatif, melainkan simbol yang menyatakan unsur kedekatan. Animasi dipandang sebagai suatu hasil proses dimana obyek-obyek yang digambarkan atau divisualisasikan tampak hidup. Kehidupan tersebut dapat dinyatakan dari suatu proses pergerakan.Meskipun demikian animasi tidak secara eksplisit dinyatakan pada obyek-obyek mati yang kemudian digerakkan. Benda-benda mati, gambaran-gambaran, deformasi bentuk yang digerakkan memang dapat dikatakan sebagai suatu bentuk animasi, akan tetapi esensi dari animasi tidak sebatas pada unsur menggerakkan itu sendiri, jika kehidupan memang diidentikkan dengan pergerakan, maka kehidupan itu sendiri juga mempunyai karakter kehidupan. Dengan demikian animasi tidak semata-mata hanyalah menggerakkan, tetapi juga memberikan suatu karakter pada obyek-obyek yang akan dianimasikan. Esensi inilah yang kemudian dikembangkan oleh beberapa animator-animator sehingga obyek animasinya tidak bersifat perubahan gerak, tetapi lebih daripada itu, mood, emosi, watak tak jarang dimasukkan sebagai suatu pengembangan karakterisasi. jadi Animasi dapat kita simpulkan secara sederhana ialah "menghidupkan benda diam diproyeksikan menjadi bergerak" yang di maksud di proyeksikan ialah dengan menggunakan tool proyeksi atau software aplikasi.Diera teknologi saat ini banyak sekali sofwer sofwer computer yang mensuport pembuatan animasi seperti : Diretor, Adobe Imag redy, Flash, Autodesk 3d studio max, ulead Cool 3D studio,Autodesk Maya dan lain-lain.Animasi tidak hanya untuk film kartun saja, dapat juga kita gunakan untuk media media pendidikan, inpormasi, dan media pengetahuan lainnya yang tidak dapat dijangkau dengan live atau real time melalui kamera foto atau video, contoh misalnya membuat film proses terjadinya tsunami,atau proses terjadinya gerhana matahari, ini akan sulit ditempuh dengan pengambilan gambar langsung melalui Pada dasar animasi yang harus ketahui adalah unsure unsure gaya tarik, gaya dorong maupun gravitasi bumi, dan kelenturan gerakan, ini sangat penting disaat kita membuat inbeetwin ( rangkaian gambar ).
Sebelum kita membuat inbeetwin diatas kertas terlebih dahulu kita buat guideline gerakan yang diinginkan lalu menentukan titik titik rangkaian gambar yang akan kita buat Kita dapat menghitung gambar gambar yang akan dibuat dengan rasio film/ video, pada rasio video system PAL yaitu : 25 freme/detik sitem NTSC yaitu : 30 freme/ detik. Kita tidak perlu membuat gambar setiap freme cukup 1 gambar untuk 2 freme berarti membuat gerakan 1 detik hanya diperlukan 12 gambar ini guna untuk mengefektifkan gambar yang kita buat, karena mata kita hanya mampu melihat pergantian gambar 6 freme/detik selebih dari itu yang terlihat hanyalah suatu gerakan.Untuk menentukan titik titik pada guideline yang kita akan gambar tidak sama jaraknya karena kita harus mengkaitkan unsure gaya tarik gaya dorong dan gravitasi serta kelenturan gerakan lihat contoh sederhana kameraUntuk membuat film/ video animasi tidak cukup hanya mengandalkan sofwer yang ada, melainkan kita harus dapat menguasai dasar dasar animasi terlebih dahulu agar hasil animasi kita mencapai sempurna.Pada ummnya Banyak dikalangan remaja remaja kita yang berminat membuat video animasi kartun khususnya remaja SMK Multimedia yang hanya mengadalkan sofwer computer saja tidak mendapatkan pengetahuan dasar animasi padahal basic mengambarnya sudah memadai. Animasi bukan teknologi yang baru lagi dan telah digunakan dalam berbagai film-film menarik. Namun demikian perkembangannya di Indonesia berjalan lambat sekali. Dari sekian banyak film animasi tiga dimensi yang beredar hampir semuanya adalah buatan luar negeri, bahkan sebagian besar masyarakat tidak mengetahui adanya karya lokal.Sebenarnya Indonesia juga memiliki animator-animator handal, ironisnya karya mereka justru diekspor ke negara lain seperti yang dilakukan oleh Castle Animation di Jakarta. Permasalahannya adalah karena investor di Indonesia sendiri belum melihat animasi sebagai sektor yang menguntungkan.Memperhatikan film-film animasi layar lebar yang beredar, hampir semuanya menggunakan satu teknik saja yaitu umumnya adalah animasi 3-D seperti yang biasa dilakukan Pixar studio, stop motion yang biasa dilakukan oleh Aardman, atau 2-D yang biasa dilakukan oleh Disney.Untuk dapat mempergunakan media film ada dua masalah pokok yang harus dihadapi, yaitu masalah teknis film clan masalah teknik mengemukakan sesuatu denga film atau biasa disebut teknik presentasi. Demikian juga dengan hal yang harus diketahui di dalam film animasi, yaitu masalah teknik animasi, dan masalah teknik mengkomunikasikan sesuatu dengan teknik animasi. Sering perkataan teknik berkomunikasi lebih akrab dikatakan seni berkomunikasi.

Teknik stop motion memang tergolong teknik sederhana sekali. Tapi biarpun tergolong teknik yang out of date, karya stop motion di Indonesia lumayan kenceng terdengar di beberapa festival film lokal. Sebagai contoh Animasi “Stop Human Cloning”, misalnya pernah meraih sukses di festival Jiffest. Dengan modal 500 ribu perak, film itu bisa menghasilkan hadiah kamera handy cam senilai 25 juta perak!
Contoh lain adalah film animasi “Help!” buatan Firman Wijasamara. Film ini hanya menggunakan hand drawing dari kapur tulis ditambah kamera handy cam, sob! Dan hasilnya pol, dia berhasil meraih juara 1 pada Hello Fest Motion Picture Arts Volume 2. Dan hadiahnya? Perangkat produksi senilai 15 juta.
Tuh kan, teknik stop motion sebenarnya nggak kalah sama teknik animasi yang lain. Tertarik membuatnya? Dan ikutin ke festival- festival film sob! Siapa tau bisa Juara.

Sebelum berencana membuat karya stop motion pertama kita, ada beberapa hal yang mesti di perhatiin agar karya yang kita buat nggak sia-sia. Berikut step-nya..
+ pastikan dulu cerita seperti apa yang pengen kita jadikan stop motion. jangan sampai penonton bingung setelah menonton karya kita nanti. jadi, kekuatan cerita adalah segalanya diluar kecanggihan special effect atau ketenaran artis sekalipun.

+ bikin storyboard atau gambar sederhana yang tiap scene menampilkan lamanya durasi, sudut pandang yang diinginkan. Pernah baca komik kan? Kira- kira seperti itu. Tapi ingat, kita nggak lagi bikin komik, tapi animasi. Jangan pernah luangkan waktu terlalu lama hanya untuk membuat storyboard yang indah.l

+ buatlah kalkulasi budget dan waktu. Perencanaan itu penting banget buat melatih sikap professional dalam hal manajemen uang dan waktu.

+ siapkan tenaga lo sob! Apalagi mental pantang menyerah jika nantinya animasi itu berdurasi 1 menit. Makin panjang durasi makin membutuhkan ketelitian dan kesabaran yang tinggi.

+ lebih baik buat anggota kru atau asisten supaya dikerjakan nggak terlalu lama.

+ menggunakan alat perekam sederhana aja jika nggak punya yang canggih. Kamera digital dengan 3 mega pixel jg sudah cukup. Bahkan alat perekam handphone jg bisa.

+ gunakan software editing yang banyak dipasaran. saran dari gw adalah Adobe Premiere. Fungsi software ini adalah menggabungkan seluruh gambar yang sudah kita rekam menjadi file film berformat .AVI atau .MOV

+ masukan music dan sound fx supaya menarik. Menurut pakar film, musik membantu memperbagus karya film hingga 50 persen. Kita bisa download di internet secara gratis.

+ konversikan karya kita dalam bentuk DVD. Software seperti Nero bisa jadi pilihan.

+ kirimkan karya kita ke festival- festival animasi luar dan dalam negri. Alamatnya bisa dicari lewat google.com siapa tau karya stop motion itu bakalan dapat award!

+ jangan mudah menyerah jika gagal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar